Rabu, 09 November 2011

Bermain dan Belajar dengan PAS



PAS adalah kependekan dari PLAY AND STUDY (Bermain dan Belajar) suatu alat bermain anak yang juga berfungsi sebagai alat belajar. Sistem bermain dan belajar PAS berasal dari Jerman Barat, dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1996. Sampai saat ini telah banyak anak-anak dan orang tua yang merasakan manfaatnya.

Keberhasilan sistem ini telah dibuktikan sejak tigapuluh tahun terakhir di Eropa Barat, khususnya di Jerman, melalui anak-anak prasekolah sampai usia sekolah menengah. Buku-buku dan alat bermain ini telah diterjemahan ke dalam 16 bahasa dan dipakai di 50 negara di dunia. Ribuan guru dan siswa seluruh dunia telah menikmati manfaat sistem ini.
Keping-keping berwarna-warni dari wadah kontrol PAS bersama-sama dengan buku-buku latihan PAS dalam berbagai bidang membaca, menulis, matematika , Bahasa Inggris dan lain-lain disajikan sebagai permainan yang menarik dan membangkitkan imajinasi anak.




Dengan PAS anak-anak dapat melatih kemampuannya dan memeriksa pengetahuan mereka sendiri tanpa bosan dan patah semangat.


KEUNGGULAN DAN KEISTIMEWAAN PAS :
  1. PAS merupakan suatu permainan yang mengasyikkan dan menggairahkan sekaligus sarana belajar. Seorang anak yang sedang bermain PAS tidak menyadari bahwa sebenarnya ia sedang belajar sesuatu .

  2. PAS dapat membangkitkan semangat belajar. Hal ini terbukti di Eropa yaitu munculnya kecenderungan bahwa waktu yang biasanya digunakan untuk bermain, dipakai anank-anak untuk mengulang pelajaran sekolah dengan bermain PAS. Mereka bahkan dapat melakukannya setiap waktu , artinya mereka menggunakan waktu bermain maupun waktu luang mereka untuk belajar dengan PAS.

  3. Seorang murid yang mau belajar sendiri akan sangat melegakan hati orang tua maupun gurunya. Permainan PAS ini dapat mendorong anak untuk belajar tanpa disuruh. 
  4. Dengan belajar sendiri, seorang anak tidak perlu malu jika salah karena sistim PAS memiliki wadah kontrol yang memungkinkan seorang anak memeriksa jawabannya sendiri. 
  5. Produk unggulan PAS sengaja dibuat dalam bentuk buku yang menarik sehingga memupuk cinta anak terhadap buku. Buku tidak lagi dianggap sebagai alat untuk belajar saja, tapi buku dapat juga dipakai sebagai alat bermain mereka.
  6. Gambar-gambar dan soal-soal pada sistim PAS ini telah disusun, disajikan dan disesuaikan dengan perkembangan pendidikan masa kini sehingga dapat digunakan untuk melatih kemampuan intelegensia.
  7. Permainan PAS dapat memberikan gambaran yang baik kepada anak bahwa suatu pelajaran tidaklah sesulit yang mereka pikirkan. Misalnya pelajaran matematika yang bagi sebagian besar anak dianggap sebagai pelajaran yang sulit, tapi dengan bermain PAS mereka akan menemukan hal sebaliknya. Dengan demikian secara otomatis kepercayaan diri mereka akan meningkat 
  8. Permainan PAS dapat menjadi alat bantu pelajaran di sekolah sekaligus sebagai variasi bagi para guru dalam mengajar di kelas. Ketika murid-murid mulai lelah, jenuh dan merasa bosan, bermain PAS adalah sesuatu yang tepat pada saat itu. 
  9. Dengan permainan PAS para guru juga dapat mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar, misalnya dengan membuat soal-soal dari buku-buku PAS kemudian memberikannya kepada murid-murid sebagai perkerjaan rumah maupun ujian di kelas. Sistem pendidikan yang baik akan sangat bergantung pada kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan keluarga. Sistem belajar PAS memberikan solusi yang tepat dimana orang tuadan guru dapat bekerja sama untuk mengarahkan dan membimbing putra –putrinya secara optimal dalam menguasai pelajarannya
PENUTUP
Kita pasti ingin anak cucu kita menjadi manusia yang penuh daya cipta, handal dan berpotensi unggul dalam segala bidang.

Namun untuk menghasilkan sumber daya manusia seperti itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Pembentukan sumber daya manusia seperti yang kita harapkan memerlukan tenaga, biaya dan waktu yang tidak sedikit. Diperlukan pula motivasi yang kuat dan kerja keras semua pihak yang terkait.

Sistem PAS dapat dijadikan pendorong untuk menumbuhkan minat belajar anak-anak Indonesia. Bermain sambil Belajar PAS merupakan awal yang baik dalam membuka, mengembangkan dan mendaya gunakan seluruh kapasitas berpikir anak-anak dalam usia belajar. Semoga kita bersama-sama dapat mewujudkan anak-anak bangsa ini menjadi sumber daya manusia yang penuh kreatifitas, handal dan potensial di masa datang. Akhir kata, selamat bermain sambil belajar dengan PAS

Untuk informasi Lebih Lanjut Hubungi:
Ira Dwisevia Panda S.sos
08562104640



Tidak ada komentar:

Posting Komentar